Senin, 25 Desember 2017

Rawan Bencana banjir dan longsor, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gantiwarno bentuk Tim Reaksi Cepat




Menghadapi ancaman bencana banjir dan tanah longsor, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gantiwarno membentuk Tim Reaksi Cepat Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah, bertempat di Balai Desa Mlese, (25/12). Tim berisi 50 personel yang siaga 24 jam tatkala terjadi bencana di Gantiwarno.
Para anggota TRC LPB Muhammadiyah Gantiwarno ini dilantik oleh Ketua LPB Muhammadiyah atau mdmc Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten H. Firdaus  Wadji, dihadapan lebih dari 500 warga Muhammadiyah Segantiwarno.

Menurut Ketua LPB Muhammadiyah PDM Klaten Firdaus Wadji, Pelantikan TRC LPB Muhammadiyah ini untuk menyiapkan tim yang 24 jam siaga menghadapi bencana di Gantiwarno yang rawan banjir dan longsor. Lebih lanjut Firdaus menyampaikan, puncak musim hujan di Gantiwarno rawan karena berbatasan langsung dengan perbukitan seribu Gunungkidul yang selama ini menjadi penyumbang banjir terbesar  di wilayah Klaten bagian selatan. Pelantikan simbolis dengan pemberian peralatan kerjabakti dari Ketua LPB Muhammadiyah Klaten kepada komandan TRC LPB Muhammadiyah Gantiwarno, Sulamto. Sebagai susunan pengurus LPB Muhammadiyah Gantiwarno ketua Sulamto, Sekretaris H. Nardiyanto, Bendahara H. Madiyo dan TRC LPB Muhammadiyah Gantiwarno yang di bawah naungan LPB Muhammadiyah Gantiwarno, Ketua Joko Tri, Sekretaris Supriyanto, Bendahara Purwanto.




Sementara itu, Camat Gantiwarno Heru Purnomo, yang ikut menyaksikan Pelantikan TRC LPB Muhammadiyah dalam sambutannya, menyambut baik Pelantikan ini.
Pihaknya selaku camat mengaku lebih ringan dan sangat terbantu. Terlebih daerah Gantiwarno yang rawan terhadap banjir dan longsor. Ada satu desa yakni Ngandong yang rawan bencana longsor sedangkan untuk daerah rawan banjir ada 7 desa Ngandong, Kragilan,  Mlese, Sawit, Karangturi, Jogoprayan, dan Gesikan.


Ditempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Klaten, Bambang Giyanto, menyambut baik pengukuhan Tim Reaksi Cepat LPB Muhammadiyah Gantiwarno. Adanya pergerakan masyarakat dari organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan akan membantu pemerintah dalam hal menciptakan ketangguhan masyarakat.

Sumber Informasi Press Release Grup WhattAps LPBM PDM Klaten
Editor: Ryzet Mahadhir


0 komentar: